Edukasi

Kontribusi dan Inovasi Penting Dilakukan Mahasiswa KKN

initasik.com, edukasi | Mahasiswa Universitas Siliwangi (Unsil) yang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) diharapkan bisa memberikan kontribusi dan menciptakan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Kehadiran mahasiswa jangan malah menjadi masalah.

“Tahun ini temanya IPM. Indeks Pembangunan Manusia. Mahasiswa diarahkan untuk menyosialisasikan dan membantu program-program yang terkait IPM. Membuat inovasi-inovasi yang berhubungan dengan IPM,” ujar Wakil Rektor III Unsil, Ade Komaludin, usai upacara pemberangkatan mahasiswa KKN, di lapang Unsil, Kamis, 13 Juli 2017.

Menurutnya, mahasiswa Unsil yang ikut KKN tahun ini jumlahnya 822 orang. Mereka disebar ke delapan kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmlaya. “Kalau di Kota Tasikmalaya tiga kecamatan, yaitu Tamansari, Purbaratu, dan Kawalu. Daerah yang dipilih adalah daerah-daerah yang kondisnya masih seperti desa,” ujar Ade.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, merespons baik tema KKN yang dikaitkan dengan IPM. Saat ini, IPM kumulatif Kota Tasikmalaya angkanya 76 poin. Meski berada di atas rata-rata angka IPM kumulatif nasional, ia berupaya untuk meningkatkannya, terutama indeks daya beli yang masih 65 poin. Adapun indeks pendidikan 86 poin dan kesehatan 76 poin. [Jay]