Ekbis Featured Informasi Pasar

KOPI BALAPAN, KUALITAS TASIK HARGA ASIK

initasik.com – Bukan sebuah rahasia lagi jika kopi menjadi trend di Indonesia begitupun di Tasikmalaya. Beberapa kopi Tasikmalaya ini sudah ekspor ke luar negeri. Bagi kaula muda yang hobi nongkrong, tentu saja tempat kopi menjadi solusi tempat berkumpul dan berdiskusi. Dalam tongkrongan sederhana, seringkali menghasilkan gagasan yang solutif dan produktif. Kopi Balapan misalnya. Ide produk kopi ini adalah hasil ngopi di tongkrongan oleh Ahmad Iqbal Nugraha sebagai CO-Founder Balapan Coffee.

“Ide awal adalah merintis galeri kopi Tasikmalaya. Semua petani dapat bermitra dengan galeri tersebut. Melalui galeri tersebut diharapkan terjalin sebuah simbiosis mutualisme antara pemuda dan petani kopi,” jelasnya.

Menurutnya, hampir seluruh petani kopi tidak tahu rasa kopi yang mereka tanam. Setiap hari menanam kopi, tapi minum kopinya tetap kopi warungan. Hal ini jadi pemantik ide Iqbal dan komunitasnya, hingga terwujudlah produk Kopi balapan Sacheet yang sekarang sudah masuk ke warung beberapa wilayah di Tasikmalaya.

Produk yang telah dibuat dalam kemasan sachet adalah kopi Tasikmalaya murni, kopi Tasikmalaya plus gula merah dan kopi Tasikmalaya plus gula putih. Semua produk telah memiliki ijin halal dan PIRT, jadi semua sudah layak konsumsi.

Produksi kopi balapan bertempat di Perum Rancabungur Indah Desa Cilampung Hilir Kecamatan Padakembang Kabupaten Tasikmalaya.

Iqbal menjelaskan bahwa segmentasi kopi sachet itu cukup luas. Tidak hanya kalangan menengah ke bawah saja, namun masuk juga ke kalangan elit yang suka kopi instan.

“Rasa dari kualitas Kopi Tasikmalaya tidak berubah, hanya beda pengemasannya saja agar lebh simple,” pungkas Iqbal.