Informasi

Kota Tasik Lebih Layak Jadi Tuan Rumah Porda Jabar 2022

initasik.com, informasi | Tuan rumah Porda Jabar 2022 “diperebutkan” tiga daerah, yaitu Kota Tasikmalaya, Subang, dan Kabupaten Bandung Barat. Ketiga daerah tersebut sudah mengajukan diri untuk dijadikan pusat perhelatan olahraga empat tahunan itu.

Wakil Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf, menilai, Tasikmalaya lebih layak sebagai tuan rumah ketimbang dua daerah lainnya. Hal itu diungkapkannya usai menghadiri pengukuhan kontingen Kota Tasikmalaya pada Porda Jabar 2018, di gedung serbaguna, Bale Kota, Kamis, 5 Juli 2018.

Menurutnya, Kota Tasikmalaya dinilai lebih layak lantaran ada beberapa kota penyangga yang bisa mendukung penyelenggaraan PORDA tahun 2022 nanti. Terlebih, saat ini paradigma KONI dalam menentukan tuan rumah memberlakukan sistem kebersamaan.

“Kota penyangga yang bisa diajak kerja sama dalam penyelenggaraan Porda 2022 nanti itu seperti Ciamis, Banjar, Pangandaran, serta Garut. Misalnya Ciamis punya BMX Venue, Pangandaran ada pacuan kuda. Jadi, cabang olahraga yang tidak bisa kita saranai nanti bisa dilakukan di kota penyangga,” tuturnya.

Kendati begitu, sambung Yusuf, bukan berarti Pemkot Tasikmalaya tidak akan mempersiapkan venue yang ada agar lebih optimal. Pihaknya akan melakukan pembangunan fisik untuk venue-venue yang belum ada di Kota Tasikmalaya.

Ia memaparkan, menjadi tuan rumah Porda akan memberikan efek domino kepada masyarakat. Berpengaruh pada perekonomian. “Dengan adanya event seperti itu bisa menggeliatkan perekonomian di kita, mulai dari soal akomodasi hingga konsumsi,” tandasnya. [Eri]