Jay | initasik.com
Informasi

Kota Tasik Masuk Penilaian Kota Sehat, Wali Kota: Menang Bukan Tujuan

initasik.com, informasi | Kota Tasikmalaya merupakan satu dari 78 kota/kabupaten di Indonesia yang dinyatakan berhak mengikuti perlombaan penilaian Kota Sehat 2017. Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, menegaskan, menang bukan satu-satunya tujuan.

“Mendapatkan penghargaan Kota Sehat bukan menjadi sebuah tujuan. Yang paling penting adalah perubahan sikap dan perilaku ke arah masyarakat yang sehat, karena itu penting dalam mewujudkan masyarakat yang madani dan sejahtera,” tutur Budi saat menerima tim verifikasi lapangan Kota Sehat dari pemerintah pusat, di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Tasikmalaya, Selasa, 19 September 2017.

Ia menegaskan, menjadi juara bukan satu-satunya tujuan, tapi bagaimana caranya menghadirkan Kota Tasikmalaya yang sehat dalam seluruh aspek. Tanpa ada penilaianpun, sudah menjadi kewajiban pemerintah bersama eleman lainnya untuk mewujudkan kota yang sehat.

Ketua Harian Forum Kota Sehat Kota Tasikmalaya, Atit Tajniati, menambahkan, ia bersama unsur lainnya selalu berusaha agar kota ini selalu memperoleh suasana yang kondusif bagi seluruh warga.

Adapun sasaran dari program Kota Sehat adalah terselenggaranya program kesehatan dan sektor terkait, terbentuknya forum masyarakat, peningkatan lingkungan fisik, sosial, dan budaya, serta terwujudnya kondisi yang kondusif untuk kehidupan lebih baik.

Menurutnya, dari delapan indikator tatanan kota sehat, Kota Tasikmalaya menyodorkan lima indikator, yaitu kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu-lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkatoran sehat, kawasan pangan dan gizi, dan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.

Sementara kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, dan kehidupan sosial yang sehat tidak dimasukkan. [Jay]