Informasi

Kota Tasik Rangking 15 dalam Pengungkapan Kasus Narkoba

initasik.com, informasi | Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman mengaku bersyukur, karena pengungkapan kasus narkoba di kota ini rangking 15 di Jawa Barat. Sebelumnya berada di posisi lima besar.

“Sesuai laporan dari BNN, pengungkapan narkoba di Kota Tasikmalaya berada di urutan 15. Alhamdulillah, ini adalah sebuah penghargaan yang sangat besar, karena sudah ada penurunan, hasil dari operasi yang tiada henti,” ujarnya saat memimpin apel Hari Anti-Narkotika Internasional, di halaman bale kota, Senin, 17 Juli 2017.

Menurutnya, berbagai upaya telah ditempuh untuk memerangi penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang. Itu dilakukan demi menyelematkan masyarakat dan generasi penerus bangsa. Ia sepakat dengan strategi memiskinkan para pengedar narkoba.

“Semua harus dihajar. Kita ingin optimal menyelematkan generasi muda dari penyalahgunaan narkoba. Tegakkan hukum dengan benar. Penegak hukum yang melindungi pengedar narkoba juga harus hajar,” tandasnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam sambutannya yang dibacakan wali kota juga menegaskan untuk menindak tegas para bandar narkoba, selamatkan penyalah guna narkoba, dan buat regulasi yang memberi kepastian hukum.

“Saya ingatkan, Indonesia sampai dengan saat ini masih dalam kondisi darurat narkoba. Itu menjadi tanggung jawab semua untuk saling melindungi, bukan hanya tugas BNN. Untuk menanggulangi Indonesia yang darurat narkoba perlu dilakukan pencegahan dan melakukan upaya alternatif mengganti tanaman ganja dengan tanaman lain yang bernilai ekonomi,” tuturnya.

Ia menegaskan, pencegahan merupakan langkah yang efektif untuk memutus penyalahgunaan narkoba. Perlu dilaksanakan upaya pencegahan yang dilakukan secara massif, berkesinambungan, dan bersinergi di setiap lingkungan tempat tinggal.

Masyarakat perlu mendapatkan pemberdayaan dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan keterampilan agar tidak terlibat peredaran gelap narkotika.

“Dibutuhkan dukungan dan kerja sama yang baik dari unsur pemerintah dan masyarakat dalam memerangi penyalahgunaan narkotika. Tantangan saat ini adalah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang sangat memprihatinkan, karena menyasar seluruh lapisan masyarakat, mulai dewasa sampai anak, mulai kota sampai pelosok desa,” bebernya. [Jay]