Peristiwa

Kuliah Kedokteran di Unpad Gratis, Minat?

Kota Tasik | Kuliah di Fakultas Kedokteran terkenal dengan mahalnya. Biayanya mencapai ratusan juta rupiah. Di Universitas Islam Bandung, misalnya, untuk semester satu uang kuliahnya sebesar Rp 112.800.000. Tak heran, mereka yang kuliah di fakultas yang satu ini rata-rata berasal dari kalangan berduit. Keluarga kaya.
Tapi kini ada kabar gembira yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, dr. Alma Lucyati. Saat menghadiri peresmian gedung rawat inap khusus kelas 3 di RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya, Selasa, 26 Januari 2016, Alma mengatakan, Pemprov Jabar bekerjasama dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) akan menggratiskan biaya kuliah di kedokteran.

“Banyak daerah pelosok Jawa Barat yang tidak ada dokternya. Dokter-dokter yang ada saat ini tidak mau ditugaskan di tempat-tempat terpencil. Makanya Pak gubernur membuat program kuliah gratis di kedokteran,” tuturnya.

Ia mencontohkan, daerah-daerah yang tidak ada dokternya adalah Ujung Genteng (Sukabumi), Ujung Kulon (Pangandaran), Kabupaten Tasikmalaya bagian selatan, Cianjur selatan, Bogor selatan, dan lain-lain. “Kita bukan kekurangan dokter. Tapi sebarannya belum merata. Para dokter maunya bertugas di kota,” tandasnya.

Menurutnya, kuliah gratis di Unpad itu salah satu syaratnya adalah setelah lulus nanti harus siap ditugaskan di pelosok-pelosok. Untuk mengikat itu, sebelumnya akan dibuat perjanjian antara calon mahasiswa dengan pihak kampus. Jika itu dilanggar, tentu ada konsekuensinya.

Dalam laman Unpad.ac.id dijelaskan, kuliah gratis itu untuk mahasiswa baru program studi Sarjana Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Spesialis di Fakultas Kedokteran. Untuk tahun akademik 2016/2017, Fakultas Kedokteran Unpad akan menerima 250 calon mahasiswa. Rinciannya: 125 dari jalur SNMPTN dan 125 dari jalur SBMPTN. initasik.com|shan

Komentari

komentar