Peristiwa

Laman Pemkab Tasikmalaya Diretas

initasik.com, peristiwa | Laman milik Pemkab Tasikmalaya, tasikmalaya.go.id diretas orang tak dikenal. Tampilan yang biasa menyajikan konten pemerintahan pun berubah total. Di halaman utama hanya tertulis Hacked By Mr.NotContent x Davnisial dengan layar backround berwarna hitam.

Bagian pengelola laman di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya, Eka Prasetya Esabara, mengatakan, laman tersebut hanya mengalami peretasan di bagian muka. “Tidak ada data yang diacak-acak. Hanya mengubah tampilan. Kemarin baru migrasi server, sehingga belum ditutup celah keamanannya. Tetapi kita bersyukur, diingatkan bahwa ada celah yang bolong. Setiap hari pasti ada virus-virus yang menyerang web,” tuturnya, Selasa, 24 Juli 2018.

Ia mengaku, sejak ia menjabat sebagai pengelola laman pemerintahan, peretasan situs web Pemkab Tasikmalaya sudah terjadi selama tiga kali dalam kurun waktu sekitar kurang lebih lima tahun.

Peretasan terjadi lantaran minimnya fasilitas keamanan dalam data center yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Untuk urusan keamanan, misalnya, saat ini hanya mengandalkan firewall pada router. “Tapi di awal tahun kemarin, kami sudah mengajukan anggaran untuk meningkatkan sistem keamanan,” tandasnya.

Ke depan, yang diamankan bukan hanya laman, tapi juga seluruh jaringan dan server. Selain laman pemerintah, Diskominfo juga mengurus aplikasi pendapatan, LPSE Bappeda, monitoring bencana, sampai pelayanan kesehatan.

Terkait peretasan laman itu, Eka menyebutkan itu hanya berlangsung sekitar 15 menit. Pihaknya langsung menangani, sehingga situs bisa dibuka kembali. [Eri]