Peristiwa

Langkah Pemkab Tasik Wujudkan Kabupaten Layak Anak

initasik.com, peristiwa | Kabupaten Tasikmalaya dicanangkan menjadi Kabupaten Layak Anak. Itu bukan urusan mudah. Ada banyak pekerjaan yang mesti dituntaskan. Penjabat Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Iin Aminudin, mengatakan, untuk merealisasikan target tersebut, pihaknya telah meminta tim verifikasi dari provinsi untuk turun ke daerah.

“Itu sudah dilakukan. Senin dan Selasa kemarin sudah melakukan verifikasi ke lapangan. Hari ini memberitahukan hasilnya,” ujar Iin usai menghadiri penerimaan tim verifikasi dari provinsi, di Pendopo Lama, Rabu, 29 Mei 2019.

Menurutnya, berdasarkan laporan tim, Kabupaten Tasikmalaya sudah banyak kemajuan dalam pelayanan pemenuhan hak dan perlindungan anak. “Sudah banyak aktivitas yang memenuhi kategori kabupaten layak anak,” tandasnya.

Salah seorang tim verifikasi lapangan, Harla Octarra, menyebutkan, dari 24 indikator yang digunakan untuk memenuhi syarat Kabupaten Layak Anak, Kabupaten Tasikmalaya sudah memenuhi beberapa di antaranya.

Kendati begitu, pihaknya belum bisa menjamin bahwa Kabupaten Tasik akan menjadi Kabupaten Layak Anak. Ada beberapa indikator yang masih belum dipenuhi atau masih perlu diperbaiki. Salah satu contohnya adalah belum punya Perda Perlindungan Anak.

Di tempat yang sama, Ketua KPAID Kabupaten Tasikmalaya, Ato Rinanto, mengapresiasi keinginan Pemkab Tasikmalaya menjadi kabupaten layak anak. Ia menyebutkan, sampai saat ini angka kekerasan pada anak di Kabupaten Tasikmalaya masih cukup tinggi, namun yang harus menjadi perhatian adalah bagaimana sikap pemerintah dan lembaga terkait menyelesaikan persoalan yang menimpa anak. [eri/initasik.com]