Ilyas | initasik.com
Peristiwa

Lebih Setahun, Jalan Provinsi Salopa-Cikatomas Dibiarkan Amblas

initasik.com, peristiwa | Sudah lebih dari setahun, jalan provinsi menuju Kecamatan Cikatomas dibiarkan amblas. Tepatnya di Kecamatan Salopa, wilayah perkebunan PTPN VIII. Hampir setengah jalan hilang terbawa longsor. Kendaraan yang lewat pun harus dibantu warga untuk bergantian melewati jalan tersebut.

Fani, warga setempat, menuturkan, sudah lebih dari satu tahun kerusakan itu tak kunjung diperbaiki pemerintah. “Warga harus bergantian jaga untuk mengatur arus lalu-lintas supaya tetap lancar,” ujarnya.

Budi, sopir truk yang sering melewati jalan tersebut, menilai kondisi seperti itu membahayakan keselamatan pengendara, terutama truk yang bermuatan berat. “Agak takut juga kalau lewat sini, apalagi kalau muatan berat. Kita kan gak tahu tanahnya kuat atau tidak, takutnya kalau tidak kuat kita terbawa longsor”, katanya.

Berdasarkan pantauan, di beberapa bagian jalan terlihat retakan yang memungkinkan sisanya ikut amblas. Tidak ada pengaman apapun di sana. Hanya garis pembatas jalan yang dibuat secara sukarela warga setempat.

Ada sekitar lima orang pemuda yang sedang berjaga. Mereka mengatur lalu lintas kendaraan supaya bergantian masuk melewati jalan tersebut. Salah seorang penjaga mengatakan, mereka secara sukarela mengatur lalu-lintas. Kalaupun ada pengendara yang kasih uang, terima saja. Kalau tidak memberi uang juga ngga apa-apa,” imbuhnya.

Menurutnya, kontur tanah di daerah tersebut memang labil. Beberapa kali diperbaiki tapi tetap saja amblas. “Jalannya harus digeser beberapa meter ke bagian tengah,” sarannya. [Ilyas]