Informasi

Lima Kecamatan di Kabupaten Tasik Mulai Kesulitan Air

initasik.com, informasi | Lima kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, yaitu Cikatomas, Cisayong, Karangjaya, Tanjungjaya, dan Pageurageung mulai terdampak musim kemarau. Sulit mendapatkan air bersih. Sawah kekeringan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Ria Supriana, mengatakan, masih ada daerah lain yang kemungkinan akan mengalami kekeringan. “Laporan yang masuk ke kami baru lima kecamatan,” ujarnya, Senin, 30 Juli 2018.

Pihaknya akan segera menyikapi laporan-laporan tersebut dengan mengundang intansi-intansi terkait untuk duduk bersama dan memecahkan permasalahan ini. Ia menginginkan, bantuan yang diberikan manfaatnya bisa terasa secara kontinyu. “Kalau kita berikan pasokan air bersih saja, itu sore juga bisa habis. Hanya menangani permasalahan beberapa saat,” imbuhnya.

Harus ada solusi yang lebih baik. Misalnya memperlebar saluran PDAM atau membuat saluran air dari sumber yang ada sehingga bisa sampai ke daerah-daerah tersebut. Semua itu dibutuhkan perencanaan yang matang.

“Untuk sementara ini, bantuan masih berupa pendistribusian air bersih. Ke depan kita akan secepatnya berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menentukan langkah selanjutnya,” ucap Ria. [Eri]