Dok. initasik.com
Peristiwa

Lima Kecamatan di Kabupaten Tasik Terkena Dampak Cuaca Ekstrem

initasik.com, peristiwa | Lima daerah di Kabupaten Tasikmalaya terkena dampak cuaca ekstrem. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Ria Supriatna, menyebutkan, dalam rentang waktu dua hari ke belakang, hujan lebat disertai angin kencang menyisakan musibah.

Ia menyebutkan, setidaknya di lima kecamatan, yaitu Sukaratu, Padakembang, Leuwisari, Singaparna, dan Cineam terjadi bencana. Di Kecamatan Padakembang, misalnya, sebuah rumah tertimpa pohon.

Menurutnya, kondisi cuaca ekstrem diperkirakan akan terjadi hingga akhir Maret. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat selalu waspada, terutama yang tinggal dekat pohon-pohon besar. “Apabila di dekat rumah ada pohon yang sekiranya membahayakan, lebih baik ditebang sebelum hujan lebat dan angin kencang kembali terjadi,” sarannya.

Ria juga menambahkan, Kecamatan Sukaresik yang terkena bencana banjir, saat ini kondisinya masih pasang surut, sehingga sudah dinyatakan siaga longsor dan banjir. Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Balai Besar Sungai untuk menentukan langkah yang dapat diambil secepatnya.

“Itu kewenanganya ada di Balai Besar Sungai. Kita sudah berkoordinasi dengan mereka. Nanti langkah alternatifnya berupa normalisasi sungai, perbaikan klep, dan yang terakhir diadakan sodetan sungai Citanduy dengan Cikidang,” pungkasnya. [Eri]