Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa | Jay/initasik.com
Informasi

Lingkungan Kondusif Bisa Jadi Terdistorsi Lantaran Stimulan Negatif

initasik.com, informasi | Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan sekitar agar selalu kondusif. Salah satu hal yang mesti dihindari adalah kekerasan. Jangan melakukan kekerasan apapun terhadap siapapun.

“Kejadian ini harus jadi warning bagi siapapun untuk tidak melakukan kekerasan terhadap anak, termasuk kekerasan verbal, seksual, atau fisik,” ujar Khofifah usai menjenguk ID, 11 tahun, di RSUD dr. Soekardjo, Kota Tasikmalaya, Sabtu, 8 Juli 2017.

ID adalah korban percobaan pembunuhan yang dilakukan R, 16 tahun, beberapa waktu lalu. Sampai sekarang ID masih dirawat di rumah sakit. Ia mengalami luka parah di lehernya. Adapun R ditahan di Polres Tasikmalaya Kota. Satu korban lainnya, DP, 10 tahun, meninggal dunia di tempat kejadian.

“Jangan bilang apa yang salah, tapi apa yang harus dibenahi? Lakukan mulai dari diri sendiri. Lingkungan menjadi sangat penting. Harus selalu kondusif. Jangan pernah melakukan kekerasan apapun,” tandasnya.

Ia menilai, lingkungan di tempat tinggal keluarga korban dan sekitarnya sangat kondusif. Saat ia berkunjung ke sana, masyarakatnya ramah. Orang-orang menyapa dengan senyuman, menyambut kedatangan menteri bersama rombongan.

“Tetapi kemudian ada stimulan negatif yang memungkinkan ini terdistorsi. Bahkan, yang tidak bersalah sampai menjadi korban. Khusus kasus ini stimulannya dendam. Di beberapa kasus stimulannya pornografi atau miras,” tutur Khofifah.

Mensos mengatakan, berdasarkan data yang diterimanya, peristiwa di Purbaratu itu terjadi karena R sakit hati sering disebut maling oleh paman korban. Untuk mendengar pengakuan langsung, setelah dari rumah sakit, Khofifah mendatangi pelaku di tahanan Mapolresta. Ia pun menasihati pelaku agar rajin salat. [Jay]