Informasi

Logistik Untuk Korban Gempa Jabar Melimpah

initasik.com, informasi | Persediaan logistik bagi korban gempa di Jawa Barat melimpah. Berdasarkan informasi dari Bulog untuk di provinsi Jawa Barat ada 200 ton, sedangkan pemerintah kota sekitar 800 ton. Kalau tidak cukup pemerintah provinsi akan menggunakan anggaran tak terduga di APBD.

“Jangan khawatir untuk persediaan logistik Jawa Barat melimpah. Didistirbusikan ketika diperlukan,” kata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, usai kunjungan ke lokasi terdampak gempa di SMKN 3 Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Rabu, 20 Desember 2017.

Menrutnya, alokasi dana tidak terduga di provinsi Jawa Barat ada sekitar Rp 50 miliar sampai Rp 75 miliar. Anggaran tersebut hanya bisa digunakan untuk keperluan logistik dan kedaruratan. “Anggaran bisa digunakan kalau tidak cukup dari pemerintah kota. Taksiran kerugian akibat gempa sudah ada. Untuk besarannya tidak bisa dikemukan dulu karena belum final,” katanya.

Terkait logistik yang belum sampai pada korban, kata dia, karena keterbatasan petugas di lapangan dan lokasi bencana yang tersebar luas. Juga tergantung kesigapan pemerintah daerah dalam menanggapi bencana.

“Yang belum mendapatkan logistik silakan hubungi BPBD terkait. Saya katakan tadi semuanya logistik perlu ada. Tenang-tenang. Sudah biasa begitu. Saya sudah menangani hal ini sudah sepuluh tahun,” beber Aher ketika ditanya wartawan soal logistik di Kota Tasikmalaya banyak yang belum sampai pada korban.

Dia menegaskan, bagi korban gempa yang tidak menerima bahan-bahan logistik, diharapkan untuk segera melaporkan ke BPBD. “Minta ke BPBD segera ditangani bantuan yang belum sampai. Tolong kalau BPBDnya kurang sigap, didorong untuk lebih sigap. Supaya seperti kabupaten lain,” ungkapnya.[Milah]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?