Seni Budaya

Lomba Baca Puisi di Dua Dekade SST; Desentralisasi Kebudayaan

 

Kota Tasik | Sanggar Sastra Tasik (SST) akan menggelar lagi lomba baca puisi se-Jawa Barat. Kali ini lomba bakal dilangsungkan di kompleks Pesantren Riyadlussholihin Kubangsalawe, Desa Tawangbanteng, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, mulai 26 Oktober s.d. 30 Oktober 2016.

“Untuk tahun sekarang, karena berkaitan dengan dua dasawarsanya SST, selain waktu pelaksanaannya ditambah, daya jangkaunyapun semakin terbuka. Artinya, para peminat baca puisi dari berbagai daerah bisa ikut berpartisipasi. Kegiatan penunjangnya pun kami perbanyak ragamnya,” kata Pengasuh SST, Saeful Badar, saat ditemui di sekretariatnya.

Dibanding sebelumnya, lomba tahunan yang sudah dimulai sejak 1996 ini, menggunakan konsep berbeda. Di usia SST yang ke-20 tahun, lomba baca puisi kali ini mengusung konsep desentralisasi kebudayaan. Penyelenggaraan acara tidak dilangsungkan di pusat kota, melainkan di wilayah pedesaan yang masuk kawasan kaki Gunung Galunggung.

“Konsep ini dipilih untuk lebih menghidupkan gairah mengapresiasi dan berkreasi di tengah-tengah masyarakat pedesaan. Pandangan kami, sastra masih cukup terasing posisinya dalam kehidupan sosial masyarakat kita,” tuturnya.

Adapun puisi-puisi yang akan dibacakan telah disediakan oleh panitia dalam bentuk antologi khusus. Terkait tim penilai, panitia mendatangkan dari luar daerah Jawa Barat. Itu untuk menjaga objektivitas dewan juri.

Sedangkan kegiatan penunjang di antaranya karnaval budaya, pentas seni tradisi, bedah buku puisi, bazar dan bursa buku, lomba bedug, lomba nadoman, pameran seni rupa, serta lomba mancing benteur dan sumpit.

“Dalam karnaval, yang dilibatkan bukan hanya para seniman dari berbagai genre, tapi juga dari berbagai kalangan lainnya yang di luar pelaku seni yang ada di masyarakat,” imbunya.

Karnaval budaya diperkirakan akan diikuti seribuan peserta. Sudah ada delapan desa yang sangat mengapresiasi. Sebagaimana tahun sebelumnya, SST pun selalu mengikutsertakan berbagai komunitas dalam kepanitian. Itu sebagai upaya untuk menjaga sinergitas dan silaturahmi antarpegiat seni.

Ada Paguyuban Sundawani DPD Kabupaten Tasikmalaya, Sanggar Antik pimpinan Agus AW, Kantong Seni Tasikmalaya, Teater Bolon, serta beberapa seniman kota dan kabupaten Tasikmalaya, baik secara kelompok maupun perorangan.

Untuk pendaftaran bisa langsung ke Sekretariat SST, Jl. Argasari No. 22, Kota Tasikmalaya, atau menghubungi nomor 082240450684. Bisa juga daftar online di tinyurl.com/daftarlbp atau via WA 083826590088. initasik.com|syamil

 

Komentari

komentar