Peristiwa

Lonjakan Penumpang Sepekan Sebelum Lebaran di Terminal Indihiang

initasik.com, peristiwa | Jelang lebaran 2018, Terminal Tipe A Indihiang, Kota Tasikmalaya, mengalami kenaikan penumpang hingga lima puluh persen. Itu terjadi pada H-5 kemarin. “Hari-hari biasa paling empat ratusan penumpang yang berangkat, kemarin malam banyak, sampai 1.164 penumpang,” sebut Kepala Terminal Tipe A Indihiang, Kota Tasikmalaya, Jenny Maria Wirandani, Senin, 11 Juni 2018.

Sedangkan untuk jumlah penumpang yang datang, di H-5 kemarin sampai 1.530 orang. Saat ditanya soal persiapan terminal jelang mudik-balik lebaran, Jenny mengatakan sudah ada beberapa fasilitas yang ditata, misalnya pengecatan ulang, sarana ruang tunggu yang dimaksimalkan, serta peningkatan sarana toilet.

Terkait banyaknya penumpang yang memilih naik dan turun di pool bus ketimbang di terminal, Jenny mengatakan, itu hak para penumpang. Kendati begitu, pihaknya mengaku tetap memberikan pelayanan yang terbaik.

Ia menilai, kurangnya ketegasan aturan dalam transportasi menjadi hal lain yang berpengaruh pada minat penumpang untuk naik dan turun di terminal. Tidak adanya transportasi angkutan umum dalam kota (Angkot) yang masuk ke terminal menjadi alasan tersendiri bagi para penumpang untuk tidak naik dan turun di terminal.

“Angkot 08 dan 05, misalnya, itu kan trayeknya ke terminal semua, tapi nyatanya, tidak ada yang mau masuk ke sini. Mungkin penumpang berpikir ulang untuk memutuskan naik atau bahkan turun di sini, karena tidak ada transportasi dalam kota yang masuk ke terminal. Saya rasa kebijakan itu harus lebih dipertegas. Kalau perlu memohon, kita akan memohon,” tuturnya. [Eri]

Komentari

komentar