Syaepul | initasik.com
Edukasi

LPM Gemercik Menilai Minat Baca Mahasiswa Rendah

initasik.com, edukasi | Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Gemercik Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya, menilai, minat baca di kalangan mahasiswa rendah. Salah satu indikatornya terlihat dari sedikitnya mahasiswa yang mendatangi lapak buku gratis yang mereka gelar.

“Dilihat dari daftar pengunjung hanya ada 18 mahasiswa. Melalui acara ini kita ingin mengajak mahasiswa untuk lebih dekat lagi dengan buku. Mahasiswa harus membaca dan menulis,” ujar Nurdin Jaelani, pemimpin umum Gemercik, Rabu, 3 Mei 2017.

Ia meyakini, membaca dan menulis sangat penting. Membaca adalah jembatan untuk menulis. Menulis tanpa membaca bisa kekurangan referensi. Dengan membaca akan menambah wawasan dan inspirasi.

Untuk itu, beragam cara terus dilakukaan untuk meningkatkan minat baca di kalangan mahasiswa. Ia berharap, kegiatan tersebut bisa berdampak pada mahasiswa, sehingga ke depannya tinggal mendorong minat menulisnya. “Secara tidak langsung lagi mendorong mahasiswa agar minat menulis, karena membaca bisa mendorong minat seseorang untuk menulis,” tandasnya.

Siska Fajar Kusuma, redaktur Gemercik, menambahkan, mahasiswa di lingkungan fakultasnya kurang minat membaca. Terlihat, ketika dosen menyuruh mahasiswa untuk mencari referensi buku yang berhubungan dengan mata kuliah, mereka enggan mengumpulkan. Alhasil, setiap karya yang dihasilkan pers mahasiswa pun kurang diminati.

“Padahal kan yang namanya buku itu jendelanya ilmu. Jadi, kalau kurang minat membaca sangat disayangkan sekali di era sekarang. Apalagi melihat mahasiswa yang kuliah pulang dan tidak berorganisasi, kita kan agen perubahan, itu sangat disayangkan,” sesal mahasiswa Fakultas Ekonomi itu.  [Syaepul]

 

Komentari

komentar