Informasi

LSM Jangan Bergantung pada Hibah dari Pemerintah

initasik.com, informasi | Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) diingatkan untuk tidak menggantungkan hidupnya pada dana hibah dari pemerintah. Ada banyak peluang usaha yang bisa dikembangkan untuk mempertahankan eksistensi organisasi.

Kepala Kesbangpol Kota Tasikmalaya, Deni Diyana, mencontohkan, salah satu cara yang bisa dilakukan LSM untuk mendapatkan pemasukan bagi organisasinya adalah bermitra dengan perusahan-perusahan swasta.

“Misalnya dengan minimarket. Di sana bisa membuat jongko usaha. Kalau hanya mengandalkan dana hibah dari pemerintah, kita juga terbatas. Ada aturan dari Pemerintah Pusat. Tidak bisa bebas untuk memberikan hibah,” tuturnya di sela silaturahmi ormas se-Kota Tasikmalaya, di gedung serbaguna, Senin, 10 Juni 2018.

Ia menegaskan, kemandirian LSM sangat diperlukan, karena mulai tahun depan tidak bisa mendapatkan dana hibah lebih dari satu kali dalam setahun. Demi pemerataan. Apalagi jumlah LSM di Kota Tasikmalaya setiap tahunnya terus bertambah. Tahun lalu ada 200, sekarang mencapai 400 ormas. [Eri]