Komunitas

Macro Phone Tasikmalaya, Danil: di Luar Sana Ada Dunia Kecil yang Sangat Indah

initasik.com, komunitas | Mengendap di semak-semak, mencari beragam binatang kecil sambil memegang telepon seluler, lalu cekrek. Begitulah kebiasaan mereka yang tergabung dalam komunitas Macro Phone Tasikmalaya.

Menggunakan ponsel yang sudah dipasangi lensa bongkaran alias lensbong, mereka kerap mendatangi tempat-tempat rimbun yang banyak makhluk-makhluk kecil, seperti serangga. Bukan hanya di Kota Tasikmalaya, tapi juga pernah ke Bandung dan Lembang.

“Ternyata di luar sana ada dunia kecil yang sangat indah. Kita tahu mereka (serangga) melalui foto makro ini. Banyak makhluk kecil yang menakjubkan. Jenisnya beragam,” sebut salah seorang pegiat Macro Phone Tasikmalaya, Muhamad Danil.

Ia menceritakan, komunitas tersebut berdiri sejak 2016. Wadah untuk para pecinta fotografi makro, sekaligus tempat berbagi ilmu dan pengalaman. Meski sepintas terlihat mudah, Danil mengatakan, dalam praktik fotografi makro ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

“Sebenarnya sama seperti fotografi pada umumnya. Namun, ini, kan, lensanya manual. Jadi si pemakai harus mendekati objek sekitar 3 sampai 5 centimeter,” ujarnya seraya menerangkan cara pemakaian lensbong pada ponsel.

Menurutnya, lensa yang sudah dimodifikasi itu ditempel ke ponsel, tepat di posisi kamera. Semudah itu. Unutk mendapatkan hasil yang maksimal, pengaturan napas penting dilakukan. Tahan napas lebih baik.

“Butuh kesabaran dalam foto makro ini. Waktu yang bagus untuk hunting adalah pagi-pagi, sekitar jam tujuh. Banyak serangga yang mencari makan dan di jam-jam itu mereka tidak terlalu agresif,” tuturnya.

Bagi siapa saja yang berminat gabung dengan komunitas Macro Phone Tasikmalaya, ia membuka pintu selebar-lebarnya. Syaratnya punya ponsel dengan resolusi kamera minimal 13 megapixel, plus lensbong.

“Banyak pengalaman yang didapat setelah aktif hunting dan berbagi ilmu. Dapat hal-hal positif. Juga membuat hati nyaman. Menyenangkan. Hiburan yang sangat murah tapi fun,” ujarnya. [Mon]

*Foto-foto binatang milik Muhamad Danil

Komentari

komentar