Dok. AR Ripandi
Edukasi

Madrasah Semakin Diminati Masyarakat

initasik.com, edukasi | Sekolah madrasah semakin diminati masyarakat. Tahun ini, hampir keseluruhan madrasah mengalami peningkatan dalam penerimaan peserta didik baru. Misalnya di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Mukhtariyah, Rancamacan, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya. Biasanya yang daftar ada 25 siswa, sekarang mencapai 50 orang.

Begitupun di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Tasikmalaya. Di awal, siswa yang mendaftar sebanyak 600-an, sedangkan kuotanya untuk 390 siswa. “Alhamdulillah, animo masyarakat luar biasa, terlebih adanya sinergitas dari berbagai lembaga. Kami terus berupaya untuk mendorong masyarakat agar memasukkan anaknya ke madrasah, karena madarasah itu lebih baik, lebih baik madrasah,” tutur Asep Rizal Asy’ari, ketua Dewan Perwakilan Daerah Perkumpulan Guru Madrasah (DPD PGM) Kota Tasikmalaya.

Menurutnya, kepedulian dan kepercayaan masyarakat kian meningkat. Itu dibuktikan dengan banyaknya madrasah. Dia mencatat, Madrasah Ibtidaiyah di Kota Tasikmalaya ada 52, MTs 58, dan MA 32.

“Untuk tahun ini hampir semua sekolah mengalami peningkatan yang luar biasa. Masyarakat sudah mampu membedakan sekolah dan madrasah. Terlebih kualitas dan disiplin ilmunya madrasah lebih banyak,” ungkap kepala MTs Al-Mukhtariyah itu.

Ia menegaskan, adanya peningkatan itu, sehingga Tasikmalaya ini menjadi kota Madrasah dan menjadi tolak ukur kebaradaan madrasah yang ada di Jawa Barat, lantaran kerja sama semua pihak dan sosialisasi intensif.

Di luar itu, berbagai pelatihan dan sharing yang diinisiasi oleh PGM diyakini bisa menjadi jalan untuk memperbaiki keberadaan madrasah serta guru ke depannya. Tidak merasa rendah ketika mengajar di madrasah. Soalnya tidak sedikit guru yang mengeluh, tidak memiliki rasa percaya diri, dan itu berdampak kepada anak didik.

Namun setelah ada ruang ekspresi bagi guru untuk meningkatkan kreativitas yang dimiliki, sekarang mulai berangsur membaik. “Kami mendorong profesionalitas guru. Kalau gurunya sudah profesional, maka anak-anaknya pun akan berprestasi. Untuk prestasi sendiri, madrasah sangat bagus. Di tahun sekarang, Kota Tasikmalaya menjadi juara umum Aksioma tingkat Jawa Barat dan bulan depan kita pun akan memberangkatkan peserta untuk ikut serta dalam perlombaan di Yogyakarta,” paparnya. [Syaepul]