Inspirasi

Mahasiswa FISIP Unpad Jadi Ketua RW Termuda di Kota Tasik

initasik.com, inspirasi | Anton Pamungkas, mahasiswa FISIP Unpad, punya cara tersendiri dalam mengaplikasikan ilmu-ilmu  yang didapat di bangku kuliah. Salah satu yang paling nyata adalah dengan mengabdi.

“Anak muda itu harus saling menularkan inspirasi, motivasi, dan hal-hal positif kepada sesama, sehingga bisa tercipta lingkungan yang positif dan kondusif,” katanya.

Untuk itu, ia menginisiasi sebuah komunitas bernama Tasikmalaya Future Leaders Forum. Itu adalah komunitas yang mewadahi anak-anak muda untuk menyiapkan diri menjadi pemipin di masa depan.

“Saya sebagai founder Tasikmalaya Future  Leaders Forum berharap  dengan adanya komunitas ini, anak-anak muda khususnya di Tasikmalaya bisa saling menularkan positive vibe dalam dirinya kepada orang lain, mau untuk selalu aktif, dinamis, dan membawa pergerakan dan perubahaan yang lebih baik dalam banyak hal, salah satunya mengenai karakter,” tutur pria kelahiran 20 Januari 1995 itu.

Tidak hanya itu, di tempatnya tinggal, Anton terpillih sebagai ketua RW 11  Kelurahan Parakanyasag, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, akhir Desember 2017.

“Ada beberapa warga yang  menginginkan perubahan di pengurus RW. Mayoritas ingin dipimpin anak muda. Ini momentum  buat saya untuk mengabdi ke masyarakat, mengaplikasikan ilmu dan membawa perubahan dimulai dari tingkat RW,” katanya.

Sebagai ketua RW termuda di Tasikmalaya, Anton memiliki visi untuk menjadikan RW 11 menjadi RW Manis alias maju, nyaman, dan harmonis.

Belum sebulan menjabat sebagai ketua RW, Anton mengaku belajar banyak hal baru, seperti tentang kepekaan social. Maka dari itu, Anton tergerak untuk melakukan berbagai macam terobosan. “Kegiatan-kegiatan RW akan diisi oleh pelatihan-pelatihan. Di awal akan dilaksanakan pengelolaan sampah dan lingkungan. Kedepanya akan ada pelatihan kewirausahaan,” terang Anton.

Setiap tiga bulan sekali, Anton memiliki strategi untuk mengumpulkan data seputar kondisi masyarakat, terutama tentang ekonomi dan pendidikan anak-anaknya. “Nantinya ada rapat koordnasi tiga bulan sekali dengan para ketua RT. Saya akan berupaya agar masyarakat memiliki kehidupan yang lebih baik di berbagai sektor,” tandasnya. [KL]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?