Edukasi

Mahasiwa KKN Diminta Bantu Kembangkan BUMDes

initasik.com, edukasi | Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kabupaten Tasikmalaya, Safari Agustin, meminta para mahasiswa untuk membantu mendongkrak Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Saat ini masih banyak BUMDES di Kabupaten Tasikmalaya yang tidak memiliki konsep jelas. Itu terjadi lantaran kurangnya profesionalisme para kepala desa dalam mengelola badan usaha.

“Kalau otaknya Kades sudah terganggu oleh birokrasi, mahasiswa harus maju untuk memberdayakan para pemuda agar bisa memanfaatkan BUMDes secara profesional,” tuturnya usai menghadiri pelepasan Mahasiswa STIA Kota Tasikmalaya yang akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN), Rabu, 25 Juli 2018.

Ia mencontohkan dengan mengadakan kerja sama antardesa untuk menciptakan usaha berbasis wisata alam. Dengan sistem seperti itu, Safari yakin BUMDes akan terdongkrak dengan sendirinya. Tidak seperti saat ini, kebanyakan BUMDes dilaksanakan hanya melakukan usaha dengan membuka warung-warung kecil.

Ketua STAI Kota Tasikmalaya, Cholis Muchlis, menambahkan, dalam melaksanakan KKN nanti mahasiswa memang harus melakukan bakti kepada masyarakat yang manfaatnya bisa dirasakan secara berkesinambungan.

Ia berharap, 153 mahasiswa melaksanakan program KKN bisa memberikan pengaruh positif dalam pemberdayaan masyarakat. [Eri]