Seni Budaya

Maka Pelepah Pisang Jadi Karya Seni Berharga Puluhan Juta Rupiah

initasik.com, seni budaya | Di tangan orang-orang kreatif, limbah bisa menjadi rupiah. Pelepah pisang, misalnya. Di tangan seorang Budi Irawan, barang yang sudah tidak dianggap itu malah bisa mendatangkan uang. Nominalnya fantastis. Sampai puluhan juta rupiah.

Budi, warga Purbaratu, Kota Tasikmalaya, membuat lukisan dan pernak-pernik lainnya dengan memanfaatkan pelepah pisang. Ia mengaku, sejak duduk di bangku SMP sudah tertarik melihat karya seni yang dilapisi pelepah pisang. Lalu mencoba diterapkan pada lukisan, dunia yang digandrunginya. Berhasil.

Hingga saat ini hasil karyanya sudah mencapai ribuan lukisan, tersebar di seluruh indonesia, bahkan sampai ke Eropa. Setiap lukisan pelepah pisangnya, harganya mulai delapan ratus ribu rupiah hingga dua puluh juta rupiah. Tergantung ukuran serta waktu dan kesulitan pembuatannya.

Kini, Budi tidak mengerjakan pesanan lukisan saja, namun beberapa barang lain, seperti meja, tempat buku  dan lainnya. Semua barang masih menjadikan pelepah pisang sebagai ornamen penting dalam karyanya. [TS]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?