Peristiwa

Makan Siang di Kabupaten Tasik, Presiden Jokowi Santap TO dan Karedok


initasik.com, peristiwa | Presiden Joko Widodo ternyata menyukai makanan khas Sunda. Usai safari kerja ke Banjar, Ciamis, dan Kota Tasikmalaya, Presiden Joko Widodo makan siang di salah satu rumah makan di daerah jalan layang Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa, 16 Januari 2018.

Ada beberapa masakan yang ia pesan, mulai pepes ikan mujair, tutug oncom alias TO, plus lalap, hingga karedok. Tak lupa Presiden juga menyantap bakso dan es kelapa muda. “Beliau memuji masakannya. Cocok, katanya. Makannya lahap,” ujar Eti Suryati, pemilik rumah makan.

Eti menerangkan, sebelum orang nomor satu di Indonesia itu menyantap makanan yang disajikan, empat dokter melakukan pemeriksaan dulu. Setelah dinyatakan aman, barulah Presiden makan.

Menurutnya, tiga hari sebelum kedatangan Presiden, aparat dari Kodim dan Istana Kepresidenan mengecek rumah makan yang berada di dekat perbatasan Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya itu. Mereka memeriksa kenyamanan tempat dan ketersediaan menu makanan.

Usai makan siang, Presiden Jokowi memberi kesempatan kepada beberapa orang untuk difoto bersama dirinya. Iapun membagikan buku dan paket lainnya. “Saya dari tadi pengen lihat Pak Jokowi. Dari rumah juga jalan kaki, dari Cihaurbeuti,” ujar Kartiwi, warga Dusun Desakaler, Desa Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis.

Kesenangan serupa dirasakan Pipit Sundari. “Seneng banget. Jarang-jarang ada pejabat ke sini. Dulu ada Pak SBY cuma lewat. Tapi seneng banget kedatangan pak Presiden. Semoga lebih sering datang ke sininya,” pungkas Pipit. [Dan]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?