Peristiwa

Mandiri Saja tidak Cukup, Harus Berdaya Saing

initasik.com, peristiwa | Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, meminta para peserta penciptaan wirausaha tenaga kerja mandiri untuk selalu meningkatkan kompetensi diri agar mampu membuat produk-produk berkualitas.

Menurutnya, mandiri saja tidak cukup, tapi harus berdaya saing. “Persaingan hari ini gila-gilaan. Di luar sana banyak kompetitor yang luar biasa. Percuma bisa membuat sesuatu, tapi tidak lebih bagus dibanding yang lain,” tuturnya saat memberi sambutan dalam pembukaan wirausaha tenaga kerja mandiri, di Hotel Mangkubumi, Senin, 13 November 2017.

Untuk itu, ia meminta para peserta memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan tersebut untuk meningkatkan kemampuan diri. Apalagi, dalam lima tahun ke depan di periode kedua memimpin Kota Tasikmalaya, ia mempunyai program mencetak 5.000 wirausahawan baru.

“Sekarang ini era digital. Para pengusaha harus bisa memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan penjualan. Kalau sudah bisa buat produk, tidak cukup dipasarkan dengan cara konvensional, harus bisa ditawarkan di internet. Itu sangat penting,” tandas Budi.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya Eddy Sumardi, menyebutkan, acara tersebut diikuti 120 pelaku usaha di berbagai sektor, seperti peternakan, makanan, konveksi dan lain-lain. Mereka berasal dari masyarakat kurang mampu, termasuk di dalamnya bekas TKI.

Menurutnya, acara tersebut merupakan salah satu upaya menciptakan lapangan kerja bagi tenaga kerja rentan dan para penganggur atau setengah penganggur untuk dibina dan dikembangkan menjadi calon wirausahawan baru yang produktif. [Jay]

Komentari

komentar