Ekbis

Mantan Anggota DPRD Sukses Menjadi Pengusaha Telur Ayam Arab

initasik.com, ekbis | Mantan anggota DPRD Kota Tasikmalaya dari Partai Persatuan Pembangunan, Jaenal Abidin, sukses menjadi pengusaha telur ayam Arab. Awalnya dia hanya memiliki delapan ekor, kini jumlahnya sebanyak 1.400 ekor.

“Mulainya 2011. Awalnya kunjungan ke teman di Yogyakarta. Saya membeli ayam delapan ekor. Ternyata dari delapan ayam, enam ayam bertelur tiap hari,” kata Jaenal saat ditemui di kandang ayam miliknya di daerah Pamijahan, Kelurahan Sukarindik, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, Kamis, 31 Agustus 2017.

Jaenal kemudian membeli ayam Arab jantan untuk dikawinkan dengan ayam betina. Selain itu membeli ayam betina yang siap bertelur. “Tahun kedua punya 700 ekor ayam. Kemudian nambah jadi 1.500 ekor. Yang 500 ekor saya jual, uangnya untuk membuat kandang. Untuk saat ini jumlah ayam kembali bertambah, yang ada sekarang sebanyak 1.400 ekor,” tuturnya.

Menurut Jaenal, usaha ayam Arab petelur di Kota Tasikmalaya cukup menguntungkan. Dari 1.400 ayam, kata dia, sanggup menghasilkan 800 butir telur per hari. “Harga jual (di peternak) Rp 1.400 s.d. Rp 1.500 per butir,” kata dia.

Dia menambahkan, penjualan telur ayam Arab ini menggunakan satuan butir, bukan kilogram. “Jelas menguntungkan. Dijualnya per butir. Lalu produktivitas ayam dalam bertelur cukup tinggi,” ucapnya.

Keunggulan lainnya, kata dia, telur ayam Arab ini memiliki kandungan omega lebih tinggi serta kadar lemak lebih rendah dibanding telur ayam.

Untuk pakan, ayam Arab ini diberi pakan jagung dan dedak. Jaenal mengaku ayam-ayamnya tidak diberi obat-obatan kimia sebagai perangsang untuk bertelur. “Ada konsentrat, tapi hanya sedikit. Jauh beda dengan konsentrat pada ayam petelur yang bisa mencapai 50 persen,” kata dia.

Jaenal mengaku sudah memiliki pelanggan sendiri. Pelanggannya rata-rata dari kalangan menengah ke atas. “Karena mereka tahu kandungan gizi telur ayam ini,” katanya. [Nun]