Inspirasi

Mantan Kadisdik Kabupaten Tasikmalaya Buka Toko Gratis

Kabupaten Tasik | Yayan Tahyan, mantan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, punya cara berbeda dalam menikmati masa pensiunnya. Selain rajin menulis terjemahan Al-Quran, ia juga menjaga toko.

Lantai satu rumahnya, di Jl. Raya Timur 123/380 Kudang Cipakat, Singaparna, ia jadikan toko seragam dan keperluan sekolah lainnya. Namun, barang-barang itu tidak dijualnya. Ia memberikannya kepada siapa saja yang mau. Gratis.

Namanya toko Bale Asih. Didirikan sejak 13 Februari 2014, toko tersebut buka setiap hari. Melayani siapa saja, terutama masyarakat tidak mampu yang membutuhkan perlengkapan sekolah. Ada baju seragam, tas, sepatu, buku, serta perlengkapan sekolah lainnya.

Eli, 39 tahun, warga Kongsi, Cipakat, Singaparna, mengaku sangat terbantu dengan adanya toko Bale Asih. Ia dan suaminya yang bekerja serabutan kadang merasa berat bila harus beli seragam sekolah. “Alhamdulillah, kami bisa mendapatkan perlengkapan sekolah anak, di saat tidak mampu untuk membeli,” ujarnya.

Adakah syarat-syarat untuk mendapatkan perlengkapan gratis itu? Tidak ada. Sejak didirikan, Bale Asih berkonsep toko sosial. Siapapun yang memerlukan, silakan datang. Tanpa syarat apapun. Namun, untuk sementara persediaan yang ada baru untuk siswa sekolah dasar.

Yayan mengatakan, selain dari menyisihkan gaji pensiunan dan sedekah keluarga besarnya, pembelian paket seragam itu juga dibantu infaq penjualan koran Siap Belajar. Dalam setiap paket, isinya ada satu stel seragam, tas, buku, peralatan tulis lainnya, sepatu, kaus kaki, topi dan dasi. initasik.com|ahmad

 

Komentari

komentar