Desa

Mantan Suami-istri Tanding dalam Pilkades, Siapa Menang?

Kabupaten Tasik | Banyak cerita mendebarkan dalam pilkades serentak di 68 desa di Kabupaten Tasikmalaya. Misalnya, usai mendatangi salah satu desa, Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum pernah dihadang pohon yang sengaja dibentangkan di jalan, sehingga mobil yang ditumpanginya tidak bisa lewat.

Bupati pun pernah dituntut mundur dari jabatannya, lantaran Perbup Nomor 04 tahun 2015 yang menjadi payung hukum pilkades serentak dinilai inkonstitusional. Namun, tuntutan mundur itu tidak terdengar lagi. Senyap. Massa yang konon berasal dari tujuh ormas itu tidak kembali menggelar demonstrasi.

Ada pula potret menarik dalam pilkades serentak yang pertama digelar di Jawa Barat pada tahun ini. Di Desa Cibalanarik, Kecamatan Tanjungjaya, misalnya, ada mantan suami-istri yang bertanding memerebutkan kursi nomor satu di desanya. Mereka adalah Aip Rasyidi dan Cucu Sumaryanti. Nomor urutnya 1 dan 2. Sementara calon lainnya adalah Holid Hualid (3), Asep Aminudin (4), dan Juju Juariah (5).

Kelima calon kepala desa itu bersaing menarik 5.160 suara yang tersebar di empat kedusunan, yaitu Pangadagan, Lemah Neundeut, Munjul, dan Dusun Cibalanarik. Siapa yang menang? Apakah Juju Juariah yang unggul, mengingat dia merupakan calon petahana (incumbent)?

Ternyata tidak. Aip mampu mengalahkan Juju. Suaranya terpaut jauh. Aip dapat 1.502 suara, sementara Juju 885 suara. Sedangkan Cucu, yang merupakan mantan istri Aip, hanya dapat 69 suara. initasik.com|ashani

Komentari

komentar