Kegiatan Mapala Parahita dalam pemberdayaan potensi desa | Dok. Pribadi
Peristiwa

Mapala Parahita Berdayakan Potensi Warga, Kembangkan Wisata Desa

initasik.com, peristiwa | Setiap desa memiliki keunikan dan beragam potensi. Jika dikelola dengan tepat, akan memberikan nilai lebih bagi masyarakat. Banyak desa menyimpan kekayaan sumber daya yang bisa dikembangkan.

Hal itu mendorong Mapala Parahita, Universitas Perjuangan, untuk memberdayakan potensi warga dalam mengembangkan desa wisata di Desa Sukapura, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya.

“Namanya Deberta, yaitu Desa Berbasis Budaya Berpotensi Wisata. Kita dampingi dari awal selama enam bulan,” ujar Mochamad Dwi Pratama “Lele”,  ketua Mapala Parahita Unper, saat ditemui di sekretariatnya, Kamis, 18 Juli 2019.

Tahap awal, kata dia, yang dilakukan memberikan penyadaran kepada masyarakat terkait potensi yang dimiliki. Di Desa Sukapura, misalnya, ada bukti yang memiliki pemandangan indah. Belum lagi budaya masyarakat, seperti sisingaan, batik tulis, dan masih banyak lagi. Ada juga gua panyurupan yang bisa dijadikan wisata minat khusus.

“Banyak sekali potensi di desa tersebut. Tinggal masyarakatnya peka terhadap semua itu. Tugas kita itu memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait potensi yang ada tersebut. Intinya, kita berusaha agar masyarakat sadar akan potensi yang dimiliknya, dan mampu mendorong kesejahteraan masyarakat,” urainya.

Melalui kegiatan tersebut, banyak manfaat yang didapat dia bersama teman-temannya. Bisa mengamalkan tri dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Belajar pemetaan potensi dan masalah yang ada di masyarakat untuk dicarikan solusinya.

“Tahap awal kita baru melakukan penyuluhan. Setiap hari Jumat ada penataan lokasi tempat wisata. Kita eksplor desa yang seharusnya bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar, karena desa itu memiliki banyak potensi. Intinya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” tandasnya. (millah/initasik.com)