Edukasi

“Market Day” SDIT Ihya As-Sunnah Tanamkan Jiwa Wirausaha pada Anak


initasik.com, edukasi | Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ihya As-Sunnah, Paseh, Cihideung, Kota Tasikmalaya, kembali menggelar program market day yang diikuti seluruh siswa, mulai kelas 1 sampai kelas 6, di halaman sekolah, Kamis, 21 September 2017.

“Ini market day yang ketiga di tahun kedua,” sebut Kepala SDIT Ihya As-Sunnah, Imam Waluyojati. Tahun kemarin, acara tersebut digelar dua kali. Tiap semester. Untuk tahun ini hanya satu kali. Salah satu pertimbangannya agar jarak waktunya tidak terlalu berdekatan.

Menurutnya, program itu kerap digelar setiap tahun untuk menanamkan jiwa wirausaha pada anak-anak didik. Mereka berbagi peran. Ada yang bertugas menawarkan dagangan ke para pengujung, penjaga lapak, kasir dan lainnya. Setiap anak bergiliran peran.

Ada banyak ilmu dan pengalaman yang didapat anak-anak dari acara itu. Selain belajar dagang, juga mempraktikkan ilmu matematika, seperti menambah dan mengurangi. Jika ada pembeli yang memberikan uang lebih besar dari harga barang, mereka kompak berhitung.

Suasanya mirip di pasar. Selain santri tingkat SMP dan SMA, pembelinya adalah orangtua siswa yang diajak anak-anaknya untuk datang ke market day. Sementara para guru membimbing anak-anak didiknya di belakang. Mengarahkan dan membetulkan jika ada yang harus dikoreksi, seperti dalam menghitung uang kembalian.

Imam menjelaskan, sebelum market day digelar, tiap guru kelas bermusyawarah dengan muridnya terkait apa saja yang akan dijual dan siapa saja yang akan menitipkan barang untuk didagangkan.

“Istilah dagangnya konsinyasi. Anak-anak jadi paham, meskipun tidak punya uang sebagai modal dagang, ternyata bisa menjual barang punya orang lain dengan sistem konsinyasi. Melalui program ini kita ingin mendidik anak-anak agar mempunyai jiwa wirausaha,” tuturnya. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?