Informasi

Masa Tunggu Naik Haji Kota Tasik Terlama di Jawa Barat

initasik.com, informasi | Jika misalnya sekarang Anda daftar naik haji, bersabarlah sampai 15 tahun lagi untuk bisa dapat jatah kursi. Kuota terbatas, sementara jumlah pendaftar banyak. Sampai tahun ini sudah ada enam ribu lebih yang daftar untuk menunaikan Rukun Islam kelima itu.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya, Ade Ibnu Malik, menyebutkan, masa tunggu naik haji untuk warga Kota Tasikmalaya merupakan yang terlama di Jawa Barat.

“Tahun ini kita dapat kuota 664 orang. Bila melihat jumlah pendaftar sampai sekarang yang di atas enam ribu itu, diestimasikan 15 tahun masa tunggunya. Itu masih mending. Waktu kuota 554 orang, masa tunggunya sampai 18 tahun,” ungkapnya saat diwawancara di sela pemberangkatan jamaah calon haji, di Gedung Dakwah, Jumat, 28 Juli 2017.

Menurutnya, lamanya 15 tahun itu hanya estimasi. Diharapkan faktanya tidak selama itu, karena kuota untuk Kota Tasik selalu ditambah dari tahun ke tahun. Pertimbangan penambahan kuota itu memerhatikan jumlah daftar tunggu yang semakin banyak.

“Tahun ini, dari kuota 664, yang berangkat dari Kota Tasikmalaya ada 717 calon haji. Ada yang mutasi dari Manado, Banten dan daerah lainnya,” sebut Ade. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?