Oleh Soleh | Ist
Informasi

Masih Ada yang Lebih Penting, Anggaran Rp 400,6 Miliar untuk Masjid Diprotes Fraksi PKB


initasik.com, informasi | Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana membangun masjid megah di daerah Gedebage, Bandung, 2018 mendatang. Anggarannya fantastis. Empat ratus miliar lebih. Disebut-sebut, masjid itu bakal menjadi ikon Jawa Barat.

Anggota Fraksi PKB DPRD Jawa Barat dari daerah pemilihan Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, dan Kabupaten Garut, Oleh Soleh, mengaku lebih sepakat apabila dana Rp 400,6 miliar itu dipergunakan untuk membangun infrastruktur sarana keagamaan di tiap daerah, ketimbang hanya membangun satu ikon.

Ia menyatakan penolakannya terhadap rencana Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, itu. Apalagi tujuannya hanya untuk menjadi ikon. Sedangkan di daerah pekerjaan rumahnya masih sangat banyak dan membutuhkan sentuhan pembangunan.

“Perlu digarisbawahi, kami bukan menolak pembangunan mesjid. Namun dengan dana sebesar itu, jika dikalkulasikan bisa membangun ribuan ruang kelas madrasah, masjid-masjid besar di setiap kabupaten dan kota. Apalagi seringkali terdengar jika masyarakat di daerah banyak berteriak menginginkan agar pembangunan sarana pendidikan, baik formal ataupun nonformal yang membutuhkan sentuhan pembangunan,” tutur Oleh.

Rencananya, pembangunan masjid itu berdampingan dengan Summarecon. Saat ini pembahasan sedang dilaksanakan, namun Fraksi PKB secara tegas menolaknya. Mereka tengah membangun komunikasi dengan fraksi lainnya agar satu suara untuk bersama-sama melakukan penolakannya.

“Kami akan sangat sepakat apabila dana sebesar itu akan dipergunakan bagi pemenuhan hak-hak dasar masyarakat, seperti bidang kesehatan dan lainnya. Kemudian lagi, siapa yang akan menikmati ikon itu? Karena saya yakin tidak akan semua rakyat Jawa Barat tahu dan bisa datang menikmatinya, kalau hanya simbol jelas tidak terlalu urgen menurut kami,” tegasnya. [Kus]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?