Informasi

Masih Banjir Meski Gorong-gorong Sudah Diperlebar, Sekda: Ada Masalah di Hilir


initasik.com, informasi | Jl. KH Zainal Musthafa dan beberapa titik lainnya di Kota Tasikmalaya masih banjir, meski gorong-gorong sudah diperlebar. Bahkan, daerah yang sebelumnya aman, kini terkena banjir.

Sekda Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan, menepis kalau proyek massal di 27 titik dinilai banjir. “Sebenarnya tidak gagal. Artinya begini, itu kan sambung-menyambung. Tidak bisa dengan hanya satu gorong-gorong di hazet, kemudian disebut gagal. Air itu kan mengalir, dari hazet kemudian ke BKR, sampai Cikalang. Artinya ini harus terus berlanjut,” tuturnya, Selasa, 27 Februari 2018.

Menurutnya, setelah gorong-gorong diperlebar, arus air menjadi kencang dan volumenya semakin besar. “Makanya kita ada program penanggulangan sungai. Akan ada pengerukan anak-anak sungai, sehingga bisa menampung air yang banyak,” tandasnya.

Namun, itu bukan tanpa kendala. Ivan menyebutkan, ada anak sungai yang kondisinya sempit, diapit oleh bangunan. “Kita juga bingung dengan itu. Kalau diperlebar tidak mungkin, karena pinggirnya tembok semua. Solusinya, perbaiki hilirnya. Apakah perlu ada pembebasan lahan atau yang lainnya. Tahap selanjutnya ada pengerukan sungai dan memperbesar lagi gorong-gorong,” bebernya. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?