Keluarga

Masih Duduk di Bangku Sekolah Dasar, Hari Jago Balap Motor

initasik.com, keluarga | Hari Romdoni, siswa kelas 5 SDN 1 Tawang Banteng, Kabupaten Tasikmalaya, punya hobi yang berbeda dibanding teman-teman seusianya. Ia suka balap motor. Beberapa waktu lalu jadi juara Grasstrack di Sirkuit Si Elo, Galunggung.

“Ini berkat dukungan orangtua dan keluarga. Orangtua tidak pernah memaksa agar menjadi juara. Menang atau kalah, orangtua selalu mendukung,” kata Hari saat ditemui di rumahnya, di Kp. Banjarsari, Desa Tawang Banteng, Kecamatan Sukaratu.

Wiwin Dewi Sapiatin, ibu Hari, mengatakan, dirinya selalu mendukung kesukaan anak-anaknya selama itu positif. “Daripada balapan di jalan, kalau disalurkan di lapangan mah kan sudah jelas. Motivasi sangat penting bagi anak. Kita sebagai orangtua harus selalu mendukung agar anak memiliki rasa percaya diri. Di sekolah pun Alhamdulillah, juga baik,” tuturnya.

Menurutnya, ketika mendidik jangan pernah memaksakan kehendak, karena akan tertekan. Mengalir saja. Orangtua membimbing supaya potensi anak berkembang. Anak punya inisiatif dan pemikiran sendiri untuk meraih sesuatu.

“Hobi anak harus didukung. Pola terserah anak, apa yang baik menurutnya. Jangan sampai kita menekannya. Jangan memaksakan kehendak kita kepada anak. Itu tidak bakalan baik terhadap kepribadian anak,” terangnya.

Ia tidak pernah menyangka anaknya memiliki kemampuan dan potensi dalam balapan motor. Pasalnya, anaknya pendiam dan pengalaman dalam dunia balapan motor tidak banyak. Baru sekitar satu tahun tapi sudah berprestasi.

“Waktu usia dua tahun sudah kelihatan senang sama kendaraan. Dia belajarnya benar-benar otodidak. Beli kaset terus suka ditontonnya. Langsung didorong dan arahkan,” imbuhnya. [Syaepul]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?