Peristiwa

Masjid Agung Manonjaya Tampak Lebih Cantik

Kabupaten Tasik | Setelah sempat rusak lantaran diguncang gempa 2009 silam, Masjid Agung Manonjaya kini tampak cantik lagi. Postur bangunannya pun terlihat lebih kokoh. Ada penambahan tiang di teras masjid.

RH Oman Abdurochman, DKM Masjid Agung Manonjaya, kepada initasik.com, Jumat (4/7), menjelaskan, kendati ada penambahan tiang, namun tidak mengubah bentuk dan arsitektur masjid yang didirikan oleh RT. Danuningrat pada 1837 itu. “Hanya ditambah tiang penyangga dan bak pencucian kaki,” sebutnya.

Selain itu, sambung Oman, ada penambahan taman hias di samping kanan-kiri masjid. “Di luar itu, semuanya masih seperti dulu. Bale nyuncungnya tidak diubah, dan yang lainnya pun sama,” tambahnya.

Ia menerangkan, perbaikan masjid yang dicatat sebagai bangunan cagar budaya itu selesai pada awal 2012 kemarin dan menghabiskan lebih dari Rp 4 miliar. Dananya berasal dari pemerintah  dan swadaya masyarakat.

Menurutnya, rehabilitasi tersebut merupakan yang keempat kalinya, setelah perbaikan pada 1974, 1977, 1991. “Tapi yang terakhir kemarin itu karena gempa yang membuat masjid ini rusak sekitar 60 persen, dan merupakan kerusakan terparah,” tandasnya. initasik.com|ashani

Komentari

komentar