Inspirasi

Masna Manfaatkan Pekarangan Rumah Jadi Kebun Sayuran

initasik.com, inspirasi | Masna, warga Cikondang, Kelurahan Cibeuti, Kawalu, Kota Tasikmalaya berhasil memanfaatkan pekarangan rumahnya menjadi kebun sayuran. Ada cabai hijau, buncis, bawang daun, tomat, dan pokcay. Kolam ikannya juga ditanami seledri dan sausin.

Kini, ia dan keluarganya bisa memenuhi kebutuhan sayuran dari sana. Biaya belanjanya terpangkas hingga tujuh puluh persen. Bahkan ia bisa menjualnya sebagian. Punya penghasilan tambahan.

Masna menceritakan, dirinya tidak punya latar belakang petani. Otodidak. Belajar dari buku dan internet. Ia lantas coba-coba. Setelah memerlihatkan hasil yang lumayan, ia serius menekuninya

Bukan saja sayuran, ia juga membudidayakan ikan. Alhasil di tengah mahalnya harga kebutuhan pokok dan sayuran, kini ia merasa sangat terbantu oleh keberadaan tanaman sayuran dan ikan yang dipeliharanya.

Kini, di seputar rumahnya tidak ada lagi lahan yang kosong. Semuanya dimanfaatkan untuk menanam berbagai sayuran. Bahkan, ide kreatifnya itu diikuti warga sekitar. Banyak yang bertanya-tanya dan mengikuti langkah Masna. [TS]

Komentari

komentar