Informasi

Masyarakat Berharap tidak Ada Jadwal Pemutaran Film di Cinema 21 Saat Magrib


initasik.com, informasi | Antrean lumayan panjang terjadi di depan tempat pembelian tiket di bioskop 21 di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Tasikmalaya, Kamis, 4 Januari 2018, sore. Ada empat film yang diputar hari itu. Salah satunya film  sequel yang diangkat dari novel karya Habiburrahman El Shirazy.

Film tersebut mendapat animo tinggi masyarakat. Banyak yang ingin menontonnya. Namun, dalam jadwal tayang kemarin, waktu pemutarannya ada yang mepet ke waktu Magrib, yaitu pukul 17.40.

Bukan hanya itu. Jadwal film lainnya juga sama. Pemutarannya dekat ke waktu Magrib, seperti pukul 16.45 dan pukul 16.35. Linda Noviani, warga Tawang, berharap agar menjelang dan sesudah waktu Magrib tidak ada jadwal pemutaran film di Cinema 21. Ada lagi setelah Isya.

“Baiknya memang begitu agar masyarakat yang suka nonton film bisa tenang saat menonton. Sebenarnya bukan hanya Magrib. Waktu salat lainnya juga begitu. Baiknya jadwal pemutaran film beberapa jam sebelum atau setelah waktu salat,” tuturnya.

Berdasarkan pantauan initasik.com, pada hari Kamis, 4 Januari 2018, jadwal pemutarannya ada yang berdekatan dengan waktu salat, seperti pukul 15.05, 14.40, 19.00, dan 18.45. Rata-rata durasi filmnya antara 1,5 jam sampai 2 jam.

Warga lainnya, Agnes Iralia Kuswenda, mengatakan harapan serupa. Menurutnya, baiknya tidak ada jadwal pemutaran film sebelum Magrib dan setelah Isya. “Kalau bisa pada jam-jam tertentu, terutama waktu salat, film berhenti dulu. Waktu salat tidak lama kok,” tandasnya.

Ia melanjutkan, baiknya bukan hanya saat salat maghrib dan isya saja, namun, pada saat adzan berkumandang, baiknya pemutaran film di bioskop diberhentikan sejenak.

Begitupun harapan Aay Rokayah. Ia mengaku sepakat bila tidak ada jadwal pemutaran film sebelum waktu salat tiba, terutama Magrib, karena waktunya pendek. Dari Magrib ke Isya jeda waktunya kurang dari satu setengah jam.

Jika jadwal pemutaran film pada pukul 17.40, misalnya, dengan durasi film dua jam, maka selesainya lewat pukul tujuh malam. “Kalaupun kita bisa salat dulu saat pemutaran film, tapi tetap saja kurang khusu. Merasa diburu waktu, karena takut ketinggalan film terlalu jauh,” jelas Ade, warga Bungursari.

Supervisor Cinema 21, Yogi Nuryadin, mengatakan, dalam sehari ada lima kali pemutaran. Menurutnya, saat pemutaran sore hari, biasanya pukul 16.45 sampai pukul 18.00, sehingga sebelum masuk waktu magrib film sudah beres diputar.

Saat ditanya soal jadwal penayangan yang berbenturan dengan waktu salat, ia menjawab, “Kita jangan ngomongin masalah salat atau apalah, itu tergantung mereka. Mereka mau nonton silakan, mau salat silakan.” [Dan]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?