Sosial Politik

Masyarakat Harus Rasakan Manfaat Pengembangan Potensi Daerah

initasik.com, politik | Kabupaten Tasikmalaya memiliki banyak potensi yang sangat memungkinkan untuk dikembangkan. Namun, sampai sekarang tak sedikit potensi yang terbengkalai. Perlu melibatkan pihak ketiga agar bisa dimaksimalkan.

Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Muhammad Syihabuddin Romly, mengatakan, masyarakat harus merasakan langsung manfaat dari potensi yang ada di daerah. “Bisa menggejot perekonomian. Bukan hanya berkaitan pariwisata. Kita banyak potensi yang bisa dikembangkan,” tandasnya.

Untuk mampu memenuhi itu semua, ia berusaha mendorong lewat anggaran dan terus berupaya menggali potensi-potensi yang ada. Terus berinovasi. Peka terhadap zaman. “Saat ini itu kita masih lemah dalam inovasi dan promosi. Saya berharap banyak investor yang masuk ke Kabupaten Tasikmalaya. Kita juga banyak pengusaha sukses. Semoga mereka bisa menginvetasikan anggarannya di sini,” paparnya.

Terkait perencanaan tata kota di Kabupaten Tasik, ia melihat mengalami peningkatan. Misalnya berkaitan dengan program peningkatan perbaikan jalan. Ada progres. Awalnya hanya 70 persen sekarang sudah mencapai 80 persen. “Saya selalu mendorong pada dinas terkait, terus berupaya mengalokasikan anggaran sesuai dengan yang dibutuhkan,” tandas anggota Komisi 3 itu.

Ia mengingatkan pemerintah agar selalu meningkatan pelayanan pada masyarakat dengan ditunjang anggaran ideal. Terkait anggaran kesehatan, misalnya, ia berharap alokasinya tepat sasaran. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

“Misalkan ada anggaran Rp 150 juta. Sebaiknya 50 persennya untuk pencegahan. Jangan sampai hanya digunakan untuk pengobatan. Bisa digunakan untuk sosialisasi terkait kesehatan pada masyarakat,” bebernya. [Millah]