Olahraga

Membentuk Karakter Anak Melalui Latihan Bela Diri

initasik.com, olahraga | Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, latihan bela diri dipercaya bisa menumbuhkembangkan potensi dalam diri anak dan mampu membentuk karakter serta mentalnya.

Mereka akan memiliki rasa percaya diri serta berani tampil di depan banyak orang. “Dari pada anak mengisi waktu luangnya dengan hal negatif, latihan bela diri bisa menjadi wadah untuk mengarahkan ke hal-hal yang positif,” kata Franky Sihombing, pelatih Taekwondo, usai melatih anak-anak didiknya.

Menurutnya, latihan beladiri memiliki banyak manfaat bagi anak. Bukan hanya mengajarkan aspek fisik, tapi juga menekankan pada pengajaran aspek kedisipilan dan melatih mental. “Latihan seperti ini bisa menjadi ajang menanamkan keberanian dalam diri anak sejak dini. Melatih kedisiplinan, kemandirian, memiliki jiwa ksatria. Minimal anak berani mempertanggungjawabkan apa yang dilakukan,” ujarnya.

Ia meyakini, kalau sejak dini sudah diarahkan ke hal positif, nanti mereka akan memiliki bekal atau pegangan. Tidak akan kebablasan. Juga dapat menumbuhkan serta mengembangkan pikiran, jiwa, dan raga secara keseluruhan.

“Mempelajari Taekwondo tidak dapat hanya dengan menyentuh aspek keterampilan teknik beladirinya saja, tetapi juga meliputi aspek fisik, mental, dan spiritualnya juga agar mereka bisa seimbang,” ungkapnya.

Jefri Adriad S, siswa Taekwondo Roganda Kota Tasikmalaya, mengatakan, banyak manfaat yang didapatkan dan terasa dalam perubahan diri, terlebih kalau memiliki prestasi. Soalnya, prestasi tersebut bisa menjadi salah satu jembatan untuk memudahkan dalam masuk sekolah favorit.

“Prestasi bisa menjadi salah satu jembatan untuk masuk sekolah yang diinginkan. Masuk dunia kerjapun sama. Bisa untuk refreshing juga, menghilangkan stres. Banyak teman pula,” tandasnya. [Syaepul]