Peristiwa

Menagih Janji Pemkot Soal Penataan PKL

Kota Tasik | Rabu, 1 Oktober 2014. Waktu itu Sekda Kota Tasikmalaya, Idi S. Hidayat, mengatakan, penataan para pedagang kaki lima (PKL) akan dilakukan tahun ini. Menurutnya, penataan tidak bisa dilakukan di 2014 lantaran tidak ada anggaran.

Kini, memasuki akhir 2015, penataan itu belum juga dilakukan. Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Tasikmalaya, Tantan Rustandi, berdalih, pihaknya masih melakukan pendataan beberapa PKL.

“Kami akan melakukan pilot project di jalan Cihideung dengan melakukan penataan melalui penyeragaman tempat berdagang dalam bentuk roda,” ujar Tantan di sela acara di Bappeda, Rabu, 4 November 2015.

Ia menjelaskan, nanti tempat jualan para PKL akan diseragamkan ukuran dan warnanya agar terlihat bagus dan sebagai upaya efisiensi ruang. “Kami harapkan bulan November ini harus sudah jalan. Kami menunggu dari Dinas Cipta Karya yang menyiapkan roda untuk para PKL,” jawab Tantan saat ditanya kapan penataan itu dimulai.

Menurut dia, selain penataan fisik, pihaknya juga akan melakukan pembinaan serta pendampingan pembuatan koperasi para PKL. “Kami akan bentuk koperasinya,” tandasnya seraya menambahkan, penataan di tiga koridor lainnya, yaitu jalur Pasar Wetan, Hazet, dan jl. Pemuda akan dilakukan menyusul. Namun, Tantan tidak menyebut pasti kapan waktunya. Pun saat ditanya berapa jumlah keseluruhan PKL, ia menjawab sekitar 700-an. initasik.com|shan

Komentari

komentar