Ist
Birokrasi

Mendagri Ingatkan Peran Satpol PP dalam Pilkada Serentak

initasik.com, birokrasi | Menteri Dalam Negeri, Thahjo Kumolo, mengingatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk berperan aktif dalam mengamankan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 yang akan digelar di 171 daerah di Indonesia, meliputi 17 provinsi dan 154 kabupaten/kota.

Dalam sambutan peringatan Hari Jadi ke-68 Satpol PP yang dibacakan Wakil Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, di lapang upacara setda, Selasa, 17 April 2018, Thahjo menegaskan, Satpol PP harus ikut mengawal agenda nasional tersebut.

“Sesuai aturan Satpol PP dan Satlinmas mempunyai tugas pokok antara lain, membantu menjaga ketentraman penyelenggaraan Pilkada, baik sebelum, atau pada saat pemungutan, maupun setelah pelaksanaan pemilihan, membantu penanggulangan bencana, serta tugas sosial kemasyarakatan lainnya,” tutur Tjahjo.

Menteri Dalam Negeri mengingatkan, di tahun politik, dinamika politik akan meningkat, begitupun potensi gangguan terhadap penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. Untuk itu, ia meminta agar dari sekarang Satpol PP dan Satlinmas lebih meningkatkan upaya kesiapsiagaan, sehingga  potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat bisa diantisipasi.

“Untuk menyikapi situasi dan kondisi yang akan terjadi sesuai dengan tugas dan fungsinya Satpol PP dan Satlinmas di daerah harus dapat menyiapkan diri dengan kesiapsiagaan sejak dini,” tandasnya.

Untuk mengoptimalkan penyelenggaraan umum dan ketertiban masyarakat, Thahjo meminta agar  Satpol PP dan Satlinmas mengintensifkan koordinasi, komunikasi, dan sinergi dengan instansi terkait, seperti KPUD,  Bawaslu, TNI, Polri, dan Kesbangpol, termasuk dengan para tokoh masyarakat. [Rls]