Eri | initasik.com
Peristiwa

Mengais Berkah Ramadan, Pedagang Cakwe Jualan Kurma

initasik.com, peristiwa | Ramadan tak bisa dipisahkan dengan kurma. Buah yang berasal dari Timur Tengah itu jadi teman setia saat tiba bulan suci. Selain rasanya yang enak, buah yang bisa bertahan sampai dua bulan dalam suhu hangat itu juga punya beragam manfaat untuk kesehatan. Tak heran, Rasulullah Shallalahu’alaihi wasallam mencontohkan buka puasa dengan kurma.

Di Kabupaten Tasikmalaya dan sekitarnya ada banyak penjual kurma dadakan. Salah satunya Upan Yusgraha. Ramadan sekarang merupakan tahun ketujuh baginya menjadi pedagang kurma musiman.

“Kalau hari-hari biasa berjualan cakwe,” ujar warga Kampung Kebon Salak, Kecamatan Singaparna, itu kepada initasik.com, Sabtu, 26 Mei 2018.

Ia menjelaskan, kurma yang dijualnya berjenis golden pelly yang berasal dari Irak. Kualitasnya  berada di pertengahan. Jenis itu dipilihnya lantaran punya kelebihan tersendiri, yaitu dagingnya yang empuk dengan biji kurma yang cukup kecil. Rasanyapun tak kalah lezat.

“Harganya juga lebih murah. Kalau kurma Ajwa yang satu kilonya sampai seratus enam puluh ribu rupiah. Kalau kurma Golden Pelly hanya empat puluh ribu rupiah perkilogram,” sebutnya berpromosi.

Pedagang yang memarkirkan rodanya di sekitar jalan Raya Timur Singaparna, itu menambahkan, alasan lain ia menjual kurma, karena merupakan satu-satunya makanan yang bisa dijual sejak pagi.

Saat ditanya penghasilan, ia mengakusehari bisa menghabiskan kurma sampai 15 kilogram. Kalau seminggu jelang lebaran, penghasilanya beda cerita. “Biasanya jualan kurma ramainya itu ketika sepuluh hari atau seminggu sebelum lebaran, bisa sampai habis 30 kiloan,” imbuhnya. [Eri]

Komentari

komentar