Dok. Pribadi
Edukasi

Menghafal Alquran Hingga Bertani Ada di SMA Plus Padma Pertiwi

initasik.com, edukasi | SMA Plus Padma Pertiwi bisa dibilang lain dari yang lain. Sesuai namanya, di sekolah ini siswa tidak hanya mendalami pelajaran formal, tapi plus materi lain yang sama pentingnya dan akan bermanfaat bagi siswa. Satu di antaranya adalah menghafal Alquran.

Bukan itu saja. Ada keunggulan lain yang dijadikan progam keahlian, yaitu pertanian, peternakan, kesenian, dan penguasaan bahasa asing, terutama Arab dan Inggris. Konsep yang diusung sekolah ini memang berbasis alam.

“Sekolah ini didirikan bagi kalangan-kalangan tertentu yang tidak memiliki kesempatan melanjutkan sekolah ke jenjang SMA, seperti anak yatim piatu yang terbentur kemampuan ekonomi,” tutur Sansan Warsana, ketua Yayasan Padma Pertiwi Nusantara kepada initasik.com, Jumat, 13 Juli 2018.

Sansan menerangkan, sekolah yang terletak di Situsari, Kelurahan Sukalaksana, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, ini sudah berdiri sejak 2014. Salah satu fokusnya adalah mencetak siswa-siswa yang berkompeten dalam bidang pertanian dan peternakan.

“Apalagi di sini daerahnya masih terbilang banyak potensi pertanian dan peternakan. Kami fokus di praktik-praktik yang berhubungan dengan alam sekitar. Para siswa diajarkan hal-hal yang berkaitan dengan alam, seperti menanam cabai, jagung, sampai menanam tanaman dengan sistem hydroponik. Juga rutin belajar berternak, mulai cara merawat hewan sampai ilmu tentang pengembangbiakan,” bebernya.

Kegiatan itu dilakukan sepekan sekali. Tiap Sabtu. Senin sampai Jumat, siswa melakukan rutinitas seperti sekolah pada umumnya. Kendati begitu, tak jarang pula di sela kegiatan sekolah formal para murid tetap merawat tanaman dan memberi makan ternak.

Kegiatan lain yang disediakan di sekolah ini adalah kesenian. Fasilitas seninya lengkap. Ada kecapi, gamelan, calung, gitar klasik, gitar elektrik, biola, sampai piano klasik dan keyboard. [Eri]