Atep Dedi Sumardi | Dan/initasik.com
Informasi

Mengurai Masalah Sampah di Kabupaten Tasik

initasik.com, informasi | Sampah di Kabupten Tasikmalaya masih menjadi masalah pelik. Penanganannya tidak bisa dipasrahkan sepenuhnya kepada pemerintah. Perlu keterlibatan aktif-solutif dari masyarakat.

Untuk itu, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya membuat bank-bank sampai di banyak titik. “Kami sebagai pembina bank sampah bersinergi dengan mereka. Target kita di setiap kecamatan ingin ada kelompok yang mengolah sampah,” ujar kepala Bidang Pengelolaan Persampahan Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya, Atep Dedi Sumardi.

Menurutnya, kini sudah ada sekitar 48 bank sampah yang tersebar di Kabupaten Tasikmalaya. Mereka mendapatkan 56 persen sampah organik yang bisa diolah menjadi pupuk. Hasilnya dijual via kerja sama dengan Dinas Pertanian.

Upaya itu merupakan salah satu cara menangani persoalan sampah di Kabupaten Tasikmalaya. Bila mengandalkan sepenuhnya kepada pemerintah, hasilnya tidak akan maksimal. Atep menyebutkan, dalam satu hari volume sampah mencapai ribuan meter kubik.

“Kami di sini hanya memiliki sekitar 7 dump truck dan personel hanya ada 35 orang. Untuk satu dump truck setidaknya memerlukan 6 orang petugas, termasuk sopir, pengangkut sampah, dan penata sampah di atas truk,” tuturnya.

Terbatasnya jumlah armada dan petugas kebersihan membuat penanganan sampah terkendala. Dari 39 kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, saat ini baru 13 kecamatan yang baru bisa ditangani.

Tahun ini pihaknya menargetkan bisa menjangkau 18 kecamatan. Ia berharap pengelolaan dan pemilahan sampah di TPA Nangkalea bisa secepatnya berjalan. Karena hal itu, akan berimbas pada jumlah sampah yang ada di TPA Nangkaleah.

Atep menyebutkan, pihaknya sudah merancang master plan untuk menangani permasalahan sampah. Pihaknya akan membagi Kabupaten Tasikmalaya menjadi lima zona, seperti Ciawi, Singaparna, Manonjaya, hingga Taraju. Untuk merealisasikan rancangan tersebut perlu waktu dan biaya yang besar. [Dan]