Peristiwa

Menjaga Keamanan dan Ketertiban Bukan Hanya Tugas Polisi

initasik.com, peristiwa | Jumlah penduduk di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota tidak sebanding dengan total anggota Polri yang ada. “Polisi punya keterbatasan. Kita ada sekitar 850 anggota polisi. Untuk mengamankan 1,3 juta penduduk tentu tidak akan sanggup,” ujar Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Adi Nugraha, Rabu, 13 Desember 2017.

Di hadapan peserta silaturahmi kamtibmas dengan para tokoh masyarakat yang digelar di graha satu satu pusat perbelanjaan, Adi mengajak masyarakat untuk turut serta menjaga keamanan dan ketertiban sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

“Kami berharap, semua hadirin, baik tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, bisa menjadi kepanjangan tangan polisi untuk mengantisipasi hal-hal yang sekarang sedang berkembang, seperti terkait hal-hal radikalisme. Kami berharap, masyarakat bisa menjadi benteng terdepan di keluarganya masing-masing,” tuturnya.

Ia mewanti-wanti untuk selalu menjaga anggota keluarga dari pengaruh paham radikal yang saat ini sedang marak di tengah keberagaman Indonesia dan mengancam kebersamaan serta tenggang rasa.

“Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, terutama yang punya anak remaja, kami harap bisa memberikan pengawasan dan pendidikan, karena seperti yang sudah kami laksanakan hampir setiap malam, kami mendapatkan ada saja sekelompok anak muda yang minum minuman keras, kumpul-kumpul sampai jam empat pagi,” papar Adi.

Terkait silaturahmi kamtibmas, ia menjelaskan, selain untuk lebih mendekatkan polisi dengan seluruh masyarakat, juga sebagai ajang komunikasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi agenda-agenda politik 2018 dan 2019. [Milah]