Peristiwa

Menteri ESDM Resmikan Sumur Bor Air Tanah di Kabupaten Tasik

initasik.com, peristiwa | Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, meresmikan penggunaan sumur bor air tanah di Desa Tanjungkerta, Kecamatan Pageurageung, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis, 5 April 2018.

“Tahun lalu, dari 200 sumur bor yang dibangun, 24 untuk Jawa Barat. Sepuluh persen dari kuota nasional. Tahun ini, programnya 63 sumur bor di Jawa Barat, dari kuota nasionalnya 550,” tutur Jonan.

Tahun depan, kuota sumur bor untuk Tasikmalayaakan mendapatkan empat kuota. Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya masing-masing mendapatkan dua sumur. Menurutnya, satu sumur bor air, satu detik bisa menghasilkan sampai 2,5 liter air.

“Itu besar sekali. Kalau dimanfaatkan dengan baik untuk penggunaan normal di masyarakat, satu sumur bor air ini bisa untuk 2.500 jiwa sampai 3.000 jiwa,” tandasnya.

Untuk itu, ia mengimbau agar membagikan penggunaan fasilitas sumur bor itu untuk warga desa lain. “Karena ini fasilitas umum, mohon dijaga dengan baik, supaya bisa langgeng. Ini sangat penting bagi masyarakat,” pesannya. [Eri]