Sosial Politik

Mereka yang Lemah Adalah Tanggung Jawab Semua

initasik.com, sosial | Setidaknya, dengan menggelar buka puasa bersama dan santunan anak yatim piatu bisa menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama. Mereka yang lemah merupakan tanggung jawab semua pihak.

“Kita ingin menanamkan keyakinan kepada semua pemuda bahwa yatim piatu itu harus kita jaga dan lindungi sebisa mungkin, sehingga semua elemen memiliki kesadaran untuk berbagi sejak dini,” kata Fahmi Muzaki, ketua Karang Taruna Sukaratu, saat memberikan santunan di Gor PGRI Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya.

Selain itu, kata dia, kegiatan tersebut bisa menjadi cara untuk mempererat tali silaturahmi. Juga sebagai ajang mendorong generasi muda untuk berperan aktif dalam berbagai bidang, misalnya berkaitan dengan kesejahteraan sosial. Terlebih, bagi mereka yang memiliki potensi.

“Bukan hanya silaturahim dan buka bersama semata, tentunya harus memunculkan nilai atau makna positif. Kegiatan ini awal untuk menebar kebaikan Ramadan menuju kemenangan, dengan memberikan santunan kepada 200 yatim piatu dan bantuan berupa uang serta bahan material kepada emak Ekah yang rumahnya roboh,” ujarnya.

Sementara itu, Cecep Zamzam Amin, ketua Karang Taruna Desa Gunungsari, menerangkan, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk menebarkan kebaikan di antara sesama dan berbagi kebahagian kepada mereka yang kurang beruntung. Pasalnya, selain memberikan santunan juga memberikan bantunan berupa bahan material untuk pembangunan rumah tidak layak huni.

“Kami memberikan bantuan untuk perbaikan rumah tidak layak huni seorang warga jompo yang di wilayah desa kami,” ujarnya.

Endin, camat Sukaratu, mengatakan, dalam melakukan sesuatu jangan berharap apapun, terus saja berproses. Karenanya, generasi muda tidak cukup menjadi orang pintar saja, tapi juga harus mampu untuk mengejawantahkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dengan memberikan bantuan terhadap sesama.

“Yang penting terus berikhtiar. Menjalankan apa yang sudah direncanakan. Karena manusia yang baik itu mereka yang bermanfaat bagi manusia yang lainnya,” tandasnya. [Syaepul]