Peristiwa

Merintis Kampung Gizi di Kabupaten Tasikmalaya

Kabupaten Tasik | Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya berencana meluncurkan program Kampung Gizi di semua kecamatan. Sebagai tahap awal, program tersebut sudah dimulai di Desa Taraju, Kecamatan Taraju.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, Oki Zulkifli, menjelaskan, Kampung Gizi itu dibuat sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan menjaga asupan gizi anak-anak.

“Ada tiga komponen yang harus ada di Kampung Gizi, yaitu perilaku sehat, lingkungan sehat, dan ketersediaan pangan,” ujar Oki kepada wartawan, Jumat, 8 Januari 2016.

Untuk merealisasikan program tersebut, di antaranya memanfaatkan halaman pekarangan rumah  dengan ditanami sayuran, beternak ayam, atau apa saja yang memberikan nilai lebih. Untuk bibit-bibit yang akan ditanam, rencananya Dinas Kesehatan akan bekerjasama dengan SKPD lain yang bergerak di sektor ketahanan pangan dan pertanian.

Selain Taraju, Desa Ciawi, Kecamatan Bojonggambir adalah target selanjutnya. “Tahun ini kami memiliki target, di setiap kecamatan minimal berdiri satu Kampung Gizi,” tandas Oki. initasik.com|wrd

Komentari

komentar