Basuki Rahmat | Kus/initasik.com
Sosial Politik

Meski Senang, Basuki Rahmat Heran Target PAD Bisa Dinaikkan dalam Tempo Singkat

initasik.com, politik | Badan Anggaran DPRD Kabupaten Tasikmalaya berhasil menaikkan target PAD untuk APBD tahun 2018 mendatang hingga Rp 20 miliar untuk berbagai sektor yang dinilainya memiliki potensi besar. Penaikan itu terjadi hanya dalam tiga kali proses rapat yang digelar di Gedung DPRD sejak beberapa waktu lalu dan masih berlangsung hingga saat ini.

Anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Dr. Basuki Rahmat, mengaku heran dengan kenaikan tersebut. Hanya dalam tiga kali rapat, PAD bisa disetujui jajaran dinas. Ia mencontohkan, dari PAD Pajak Penerangan Jalan Umum yang selalu tidak dihadiri oleh para petinggi dari intansi terkait seperti PLN yang ketika baru ditelepon Kepala Dinas saja tiba-tiba menyanggupi untuk menaikkan PAD hingga lebih dari Rp 2 miliar.

Kemudian target PAD Retribusi Parkir dari Rp 200 juta menjadi Rp 400 juta. Lalu PAD dari PDUP yang juga dalam hitungan beberapa saat saja bisa juga langsung disanggupi untuk naik.

“Ini memang cukup membuat saya heran. Kok bisa hanya dalam waktu sebentar sanggup menaikkannya. Seperti tanpa perhitungan, padahal kami sangat ingin terbuka pada rapat itu. Bagaimana prosesnya, penghitungannya, target dan potensinya, sehingga ditemukan dasar yang jelas untuk kenaikan itu,” ujar Basuki.

Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, sempat mempertanyakan sikap Basuki pada rapat Banggar DPRD Kabupaten Tasikmalaya yang dinilai terlalu keras. “Tetapi ketika saya jawab saya ingin menaikkan PAD bagi APBD agar dana yang diperoleh bisa dipergunakan bagi pembangunan masyarakat, beliau pun akhirnya menyatakan sepakat,” kata Basuki. [Kus]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?