I Gede Wirata saat mengunjungi memperlihatkan Monumen Nasional Tugu Koperasi di Jalan Mohamad Hatta, Kota Tasikmalaya | Kus/initasik.com
Informasi

Monumen Nasional Tugu Koperasi di Tasikmalaya Tidak Terawat


initasik.com, informasi | Hari ini, 12 Juli, merupakan Hari Koperasi Nasional. Sekarang menginjak usia ke-70, terhitung sejak 1947. Itu adalah tahun di mana Kongres Koperasi pertama dilangsungkan di Tasikmalaya.

Lantaran sejarah itu, dibangunlah Monumen Nasional Tugu Koperasi di Jalan Mohamad Hatta, Kota Tasikmalaya. Tapi, kini kondisinya sangat tidak terawat. Selain banyak ditumbuhi ilalang dan semak belukar, juga kondisi monumen yang sudah kusam dan cat pada bangunan yang terkelupas.

Ketua Pusat Koperasi Kabupaten Tasikmalaya, I Gede Wirata, mengatakan, selama ini pemeliharaan monumen hanya dilakukan pihak koperasi seadanya. Mulai pembabatan rumput setiap dua bulan sekali hingga pembayaran PBB juga dilakukan koperasi dengan biaya sendiri. Ia pernah mengajukan bantuan kepada pemerintah, namun seolah-olah malah dipingpong ke sana ke mari.

“Seharusnya yang namanya monumen nasional diurus dan dikelola dengan sebaik-baiknya, sehingga orang yang melintas bisa langsung tahu bahwa itu adalah monumen bersejarah. Di Tasikmalaya ini tempat digelarnya kongres koperasi pertama di Indonesia. Kalau dihias sedemikian rupa saya yakin bisa menjadi wisata sejarah juga,” tutur Gede.

Di sisi lain, ia mengatakan soal susah payahnya dalam mengelola koperasi, karena saat ini minim generasi penerus. “Awalnya berdiri, anggota koperasi di sini mencapai 100 bahkan lebih. Saat ini hanya tinggal 22 koperasi. Ditambah para pengurusnya juga yang sudah tua, sehingga tertinggal secara teknologi,” jelasnya.

Sedikit memberikan tips terhadap proses pendirian koperasi, Gede menyebutkan, anggotanya harus konsisten dan mau bekerja keras, serta memupuk modal terlebih dahulu sehingga ketika semakin berkembang bisa dipetik hasilnya.

“Jangan tiba-tiba mengajukan pinjaman, tetapi kemajuan koperasi sendiri tidak terpikirkan. Banyaknya koperasi yang jatuh saat ini lebih karena niatnya yang tidak bagus,” tegasnya. [Kus]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?