Cecep Z Kholis | Dok. initasik.com
Informasi

MUI Haramkan Vaksin MR, Pemkot Tasik akan Terus Jalan

initasik.com, informasi | Pemkot Tasikmalaya akan terus melakukan imunisasi Measles Rubella (MR), meski vaksin tersebut telah diharamkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, mengaku belum bisa mengambil sikap atas adanya fatwa haram tersebut. “Saya sudah dengar kemarin, sedang ada pembahasan kaitan rubella. Katanya memang ada vaksin yang berkaitan dengan masalah tidak halal,” ujarnya, Selasa, 21 Agustus 2018.

Namun, sambung Budi, untuk menentukan sikap, itu masih harus dibahas lagi bersama MUI daerah, Ormas-ormas Islam, dan Dinas Kesehatan. “Dokumennya juga belum saya terima. Kalau misalnya memang demikian, nanti kita bahas bersama-sama, karena untuk masalah ini kita tidak bisa melakukanya sendiri. Kaitannya dengan fatwa, ada ulama,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Cecep Z Kholis, menegaskan, imuninasi rubella di Kota Tasikmalaya akan terus dilakukan. “Memang benar, MUI mengeluarkan fatwa haram, tetapi kalau dalam keadaan darurat itu diperbolehkan,” tandasnya. [Eri]